BENARKAH Malaysia akan membatasi pekerja asing

13 07 2008

Malaysia Batasi Pekerja Asing

Tahun ini Siap Memulangkan 200 Ribu Orang
KUALA LUMPUR – Kesempatan kerja di Malaysia kian tertutup bagi warga asing. Pemerintah negeri jiran itu merencanakan memangkas jumlah pekerja asing di negaranya demi menambah lapangan kerja bagi warga lokal.rupanya Malaysia sendiri warganya banyak yang nganggur ,ini bener-bener nganggur atau orangnya males kerja,,hmm.,,nggak tahulah yang saya dengar , Setidaknya 200.000 pekerja asing akan dipulangkan pada tahun ini. Hingga tahun depan, ditargetkan, pekerja yang dipulangkan itu sedikitnya 500 ribu.

Menurut Sekretaris Umum Kementerian Dalam Negeri Malaysia Raja Azahar Raja Abdul Manap, jumlah itu diharapkan bisa berkurang sampai 1,5 juta pada 2015. Untuk mendukung upaya tersebut, pemerintah akan menetapkan peraturan yang lebih ketat dalam merekrut pekerja asing. Negeri Ringgit merupakan negara yang sangat bergantung kepada pekerja asing dan termasuk salah satu pasar kerja terbesar di Asia Tenggara. Saat ini terdapat 2,02 juta pekerja asing di antara total 11 juta pekerja di Malaysia. Jumlah itu belum termasuk ribuan orang yang bekerja secara ilegal. Pemerintah Malaysia berusaha menguranginya hingga tinggal 1,8 juta pekerja asing tahun depan.

“Kami mulai membatasi ketergantungan kami kepada pekerja asing. Kami akan meninjau kembali kebijakan yang mengatur pekerja asing di negara ini,” kata Raja Azahar kepada AP.

“Peraturan kami akan lebih ketat. Dulu, kami menerapkan peraturan yang bebas untuk mendapat pekerja murah. Sekarang pekerjaan itu harus ditujukan kepada warga lokal dan pembayaran harus disesuaikan dengan asas persediaan dan permintaan,” lanjutnya.

Raja Azahar menjelaskan, dalam peraturan baru tersebut, pemerintah akan mengizinkan para pekerja ahli untuk tinggal di negeri itu hingga lebih dari sepuluh tahun. Bagi mereka yang tidak memiliki keterampilan khusus dan sudah tinggal selama lima tahun di Malaysia, masa tinggalnya tidak akan diperpanjang lagi. Pemerintah memperkirakan bahwa penerapan peraturan tersebut akan mengurangi sekitar 200.000 pekerja asing tahun ini.

Untuk menyukseskan program itu, kementerian akan mengadakan pembicaraan dengan perusahaan-perusahaan di sektor industri, perkebunan, dan konstruksi. Tiga bidang tersebut merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja asing di Malaysia.

Menurut Menteri Kehutanan Malaysia Peter Chin Fah Kui, jumlah pekerja asing di sektor perkebunan sudah mencapai taraf mengkhawatirkan. Setidaknya 500.000 hingga 800.000 pekerja asing berkecimpung di sektor tersebut.

“Warga Malaysia tidak terlalu antusias dengan pekerjaan di sektor perkebunan. Hal itulah yang mengakibatkan lebih banyak pekerja asing yang mengambil kesempatan bekerja di bidang ini tiap tahun,” katanya. “Kami harus mengembalikan kecenderungan ini, atau bidang perkebunan dan perumahan pada akhirnya akan dikuasai warga asing,” tambahnya.

Menyangkut masalah pembantu rumah tangga yang berasal dari luar negeri, Raja Azahar mengatakan tidak ada batas masa tinggal. Namun, kementerian kemungkinan meningkatkan aturan untuk para calon majikan. Hanya rumah tangga yang berpenghasilan lebih dari MYR 5.000 per bulan (sekitar Rp 14,2 juta) yang boleh mempekerjakan pembantu. Saat ini keluarga yang berpenghasilan di atas MYR 3.000 (sekitar Rp 8,5 juta) sudah diperbolehkan mempekerjakan pembantu.

Untuk memantau penerapan kebijakan itu, pemerintah mengerahkan 1.500 anggota tim keamanan. Juga, 5 ribu petugas yang bekerja menangani masalah tersebut


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: